Kusdar Yuni,S.Pd

Hallo sahabat penulis yang hebat,salam literasi !! panggilan saya Yuni.saya mengajar di SMKN 1 Padang Panjang. SUMBAR. Bidang studi PPKn. Menjadi guru mem...

Selengkapnya
Navigasi Web

Autoimum Menggerogoti Tubuh Putri

Autoimun menggerogoti tubuh Putri

Tantangan ke -2

# Tantangangurusiana

Menurut dr. Rizal Fadli : Autoimun adalah sejenis penyakit yang terjadi dimana kekebelah tubuh menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh. Sedangkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun, seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bahteri maupun virus yang masuk kedalam tubuh. Namun, bagi mereka yang mengalami gangguan autoimun sistem kekebalan tubuh ini justru tidak menyerang penyakit yang datang, malah ikut membunuh jaringan tubuh. Banyak dampak yang akan timbul jika tubuh terserang penyakit autoimun. Bahkan, telah tercatat bahwa terdapat 80 jenis penyakit autoimun yang menunjukkan gejala yang sama. Hal tersebut menimbulkan kesulitan apakah seseorang mengidap gangguan ini atau tidak, dan pada jenis yang mana.Sementara itu, penyakit autoimun belum dipastikan penyebabnya.

Penderita penyakit autoimun biasanya memperlihatkan tanda seperti perubahan pada kulit, ada yang mengelupas, ada yang memerah, dan menghitam pada wajah badan dan tubuh , mata mulai kabur. Badan semakin kurus, tenaga melemah, tidak boleh kena sinar matahari dan tidak boleh lelah. Penyakit ini termasuk penyakit langka, karena banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Dan dokter spesialis penyakit ini tidak banyak di Indonesia.

Putri salah satu siswaku yang saat ini menderita sakit Autoimun. Beberapa kali Putri di rawat di rumah sakit, melihat kondisi Putri saat ini air mata kami tak tertahan. Putri tidak berdaya namun dia berjuang melawan penyakitnya. Dorongan dan perhatian orang tua membuat Putri kuat.

Hal inilah yang membuatku ingin menulis artikel tentang putri. Aku cari berita tentang Putri dengan menanyai orang tua putri, teman kost waktu Putri Praktek Industri di Padang, teman kelas, wali kelas dan sumber lainya.

Putri memiliki tubuh yang tinggi dan gemuk. Gayanya yang tomboy menunjukkan keberaniannya. Dia begitu aktif di sekolah maupun di luar sekolah. Sekarang dia sudah kelas XII di jurusan Akuntasi.

Dari kelas X Putri sudah banyak terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah seperti : Pramuka, UKS, PIK R , Drumband, Majalah gojong dan Tahfidz. Diluar sekolah putri ikut pramuka di Kwarcab Kota Padang Panjang. Selain itu Putri anak yang rajin dan taat.

Di kelas XI Putri terpilih sebagai ketua OSIS periode 2019/2020 sehingga kegiatannya semangkin padat. Keinginannya untuk memajukan OSIS begitu besar, bermacam kegiatan OSIS yang di pimpinnya terlaksana dengan baik. Dia orang yang gigih dan punya tekad yang kuat. Setiap keinginannya dia berusaha untuk mewujudkannya.Terkadang kami pembina OSIS kewalahan juga dibuatnya.

Suatu hari putri mengalami kecelakaan motor.Peristiwa yang dialaminya waktu itu dia sedang mengendarai motor didepannya ada mobil Pita bunga, tanpa disadarinya mobil itu mendadak berhentikan, motornya menabrak mobil sampai kaca depannya pecah, dan mengenai pipi kanannya.

Pipi kanannya lecet- lecet, kondisi tubuh Putri tidak apa-apa. Dengan mengunakan masker dia pergi kesekolah. Luka di pipinya tidak dibawa ke dokter hanya diobati sendiri. Dia pergi sekolah seperti biasa.

Kebetulan pada saat itu sekolah kami dikunjungi Ispira TV dan Kegiatan Gendre dari Anggota DPR RI dan dari Propinsi . Putri terlihat aktif mempersiapkan kegiatan itu bersama teman-teman OSISnya. Dia masih ceria, bercanda bersama kami dan teman-temannya.

Besok Harinya Putri merasakan badannya panas, sebelah pahanya membengkak, namun dia pergi sekolah juga. Putri anak yang malas makan. Panas dingin badannya lama hilang dari tubuhnya. Namun dia pergi kesekolah juga.

Beberapa Hari kemudian tiba saatnya Praktek Kerja Industri (Prakering) . Putri mendapat tempat Praktek di Padang .

Dihari pertama Prakering , Putri deman dengan panas yang tinggi, tapi dia tetap masuk ke tempat PKL. Tanpa disadarinya pipi sebelah kanan Putri membengkak . Keesokan harinya, kedua pipi Putri membengkak, matanya juga membengkak. Orang tua Putri membawa dia berobat ke tabib. Namun bengkak dipipinya tidak hilang , wajah Putri mulai menghitam. Karena sakit, Putri semakin malas makan. Putri tetap pergi PKL, dia memakai masker bekerja, lebih kurang dua bulan putri sempat PKL.

Badannya mulai terasa sakit-sakit . Putri dirawat di rumah sakit Yarsi Padang Panjang . Badan putri yang biasanya tegap, gemuk terlihat kurus, wajahnya menghitam. Kondisi tubuh Putri sedikit membaik, Hampir diakhir PL, Putri datang ke tempat dia PL dan ikut praktek .

Selesai PL, Putri masuk sekolah, namun badannya semakin kurus, bengkak diwajahnya tidak ada lagi, Cuma hitam diwajahnya masih terlihat. Walaupun terkadang dia merasakan badannya sakit-sakit, dia tetap melawannya. Dia kesekolah juga, bahkan sampai acara hari guru, masih bisa mempersiapkan acara bersama anggota OSISnya. Dan dia ikut sebagai pelaksana upacara, Putri sebagai Komanda upacara. Kami guru menyangka putri memang betul-betul sudah sehat. Karena dia sudah terlihat ceria dan bertenaga.

Beberapa hari kemudian dia masuk rumah sakit Yarsi lagi. Hasil pemeriksaan dokter menemukan penyakit Putri yang bernama autoimun. Akhirnya Putri di rujuk ke RS DR. M Jamil Padang, dan ditangani oleh seorang dr.Poli.Khusus Alergi Imunologi yang bernama dr. Reveinal, SpPD.KAL.FINASIM spesialis penyakit dalam.

Beberapa hari di padang Putri dibawa pulang . Sampai dirumah kondisi tubuh Putri semakin melemah, sampai putri pingsan tak berdaya, kedua orang tuanya bergegas membawa ke RS. Yarsi. Putri dirawat lagi di Yarsi. Kemudian dirujuk lagi ke RS.DR.M Jamil Padang. Sekitar dua minggu dirawat, putri dibawa pulang karena keterbatasan biaya. Hasil pemeriksaan dokter mengatakan virusnya sudah mengerogoti tulang, dan dia terserang inveksi saluran kencing. Badan putri semakin kecil. Seprti kata pepatah “ Tinggal badan pembalut tulang. Putri tidak boleh kena matahari dan tidak boleh lelah.

Putri saat ini terkulai lemas. Virusnya semangkin menyebar menggerogoti tulang-tulang tubuh Putri , penyakit Putri bertambah lagi dengan infeksi saluran kencing. Semoga keajaiban Allah datang untuk putri. Putri bisa sehat seperti semula.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sejenis itu pak, Amiin trimakasih doanya.

21 Jan
Balas

ini LUPUS, ya bu..semoga ada keajaiban,dan putri sembuh ya..beri dukungan moril ya bu

21 Jan
Balas



search

New Post